Tips aman Facebookan di warnet


Nah,, bagi teman2 pembaca yang sering Online ber-Facebook-an ria di Warnet. Saya punya sedikit tips nih agar Akun yang kita miliki sedikit lebih aman dari “Pembajakaan”. Cara2nya mudah kok;

1. Pastikan sebelum mulai browsing kalian periksa apakah di computer tersebut terpasang keylogger(semacam perekam semua yang kalian pencet pada keyboard). Salah satu caranya pencet Ctrl+Shift+Alt+F8, nah kalau kalian pencet tombol itu bersamaan kemudian muncul sebuah window seperti gambar dibawah ini. Dan hati-hatilah karena itu adalah keylogger-nya, klik aja tombol stop monitoring. Kemudian close.

2. Setelah lulus uji keylogger, biasakan pakai browser Mozilla Firefox. Alasannya, untuk versi-3 ke atas sudah tersedia mode “Private Browsing”. Caranya klik Tools==>Start Private Browsing. Jadi kalau kalian lupa logout, setelah browser tertutup kalian akan logout secara otomatis. Kemudian browser tidak mencatat kegiatan kalian pada history, dan tidak akan pernah menyimpan value yang diisikan pada form-form sebuah web.

3. Saat mengisikan alamat website pada address bar jangan sampai salah ketik. Perhatikan baik-baik setiap huruf yang kalian ketikkan. Jika sampai salah ketik bisa-bisa kalian akan masuk ke situs facebook palsu, yang seolah-olah adalah facebook dengan tampilan yang benar-benar mirip facebook. Ketika kalian mengisi username dan password untuk login, tanpa disadari username dan password kalian telah dicuri oleh tangan jahil. Ini yang dinamakan teknik defacing dalam dunia hacker.

4. Pastikan kalian mengetik langsung http://www.facebook.com di address bar. Jangan biasakan membuka facebook dengan meng-klik link dari situs lain (misalkan dengan search dulu di google), bisa-bisa kalian akan terjebak seperti pada kasus nomor 3.

5. Gunakan password yang sulit, yaitu kombinasi huruf dan angka. Misalkan saja abcd123kq98 (ya sesuai kepercayaan dan keyakinan masing-masing).

6. Ketika kalian ingin mengakhiri kegiatan fb-an kalian jangan lupa untuk melakukan logout atau keluar untuk mengakhiri session login kalian. Agar ketika orang lain masuk di http://www.facebook.com tidak langsung masuk di halaman home kalian, akibat session-nya belum diakhiri.

7. Jangan menggunakan password yang sama dengan password email Anda pada Akun facebook, hal ini sangat berbahaya karena akun Anda bisa diambil alih oleh orang lain seluruhnya.

8. Jika bisa, hindarilah mengetik pada kolom email dan password pada saat mau login ke akun Anda, caranya Anda menyiapkan file dalam bentuk notpad atau anda bisa menyimpan datanya di draft email, sehingga ketika Anda mau login tinggal copy paste saja. Mengapa demikian ? Karena tidak menutup kemungkinan aktifitas jari Anda di keyboard bisa direkam oleh spywarer cerdas, tetapi spyware itu tidak bisa mendeteksi aktifitas mouse atau jika ada fasilitas one-handed keyboard, anda bisa mengetik dengan fasilitas tersebut.

9. Ketika mau meninggalkan warnet atau tempat umum lainnya pastikan Anda mengapus seluruh History sehingga halaman yang tadi Anda buka akan terhapus semua dari memory browser caranya klik tools ==>clear recent history.

10. Jangan memberikan email dan password Facebook Anda ke orang lain meskipun teman yang sangat akrab sekalipun (Ya iyaLah,, udah tau kok,,wkwkwk).

11. Jangan sampai anda meniggalkan KTP diwarnet gara2 enggak bawa uang bwt bayar billingnya.ok hhe

Nah.. mungkin itulah tadi sedikit tips agar akun akun yang kita miliki sedikit lebih aman. Kenapa saya bilang “sedikit” ? Karena sang hacker juga merupakan manusia yang bisa berkembang lebih cerdas dan lebih pintar lagi dan tidak menutup kemungkinan kalau tulisan yang saya buat di atas sudah tidak manjur lagi.

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: